Yuk Intip Cara Memelihara Ikan Patin

Salah satu jenis ikan yang memiliki daging yang enak dan gurih adalah ikan patin. Ikan satu ini merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat karena cara mengolahnya yang mudah dan dapat dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Untuk memeliharanya sendiri, ikan ini pun cukup mudah untuk dibudidayakan dan dapat dipelihara pada berbagai jenis kolam. Untuk itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara memelihara ikan satu ini dengan mudah.

Cara Mudah Memelihara Ikan Yang Harus Anda Tahu

  1. Mempersiapkan Dan Membersihkan Kolam Yang Akan Digunakan

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan memelihara ikan satu ini adalah menyiapkan kolam sebagai tempat memeliharanya. Hal ini tidaklah sulit, karena ikan ini dapat hidup di berbagai tempat. Jika anda menggunakan kolam yang lama, maka anda perlu membersihkan kolam tersebut dari berbagai macam kotoran. Setelah itu anda bisa mengisi kolam dengan air yang bersih dan berkulitas.

  1. Sebar Benih Ikan Secara Tepat

Sebagai peternak ikan patin tentu saja akan menginginkan untung yang besar saat panen. Akan tetapi, anda jangan terlalu banyak menyebar benih pada ikan. Anda haruslah mengisi kolam dengan penuh perhitungan. Karena jika terlalu banyak akan menyebabkan ikan tidak mudah bergerak dan tidak dapat hidup dengan baik. Untuk itu, anda cukup menebar 20-30 ekor ikan pada 1 m3 saja.

  1. Memberikan Pakan Yang Berkualitas

Anda juga perlu memberikan makan ikan yang berkualitas agar hasil ikan anda pun cukup memuaskan. Biasanya jenis pakan ikan yang umum diberikan adalah palet yang dapat anda beli di pasaran. Namun anda bisa menggantinya dengan pakan alami sehingga anda lebih bisa untuk menghemat biaya. Pakan alami yang biasa digunakan untuk ikan ini adalah ikan sisa, keong, kerang dan bekicot serta lain sebagainya.

  1. Memberikan Makan Dan Bersikhkan Kolam Secara Rutin

Memberikan pakan secara rutin tentu saja perlu dilakukan agar ikan ini dapat tumbuh dengan besar dan sehat. Berilah pakan pada waktu yang tidak pernah berganti sehingga akan memungkinkan ikan akan mampu beradaptasi dengan jadwal makan yang diberikan. Lalu anda juga perlu membersihkan kolam secara rutin juga, misal seminggu sekali agar ikan tetap merasa segar.

  1. Hindari Kolam Dari Kebisingan

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang mudah panik. Sehingga jika tempat pembudidayaan terlalu bising akan dapat membuat ikan terkejut dan berakibat tidak mampu tumbuh dengan baik. Untuk itu anda perlu mencari lokasi kolam yang jauh dan tenang dari suara kebisingan.

Anda juga perlu mengenali jenis-jenis hama yang yang dapat menyerang ikan ini. Hal tersebut penting dilakukan agar ikan dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari penyakit. Meskipun sudah terlanjur terkena infeksi, dengan mempelajarinya nantinya anda pun tahu bagaimana cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *