Harus Teliti, Ketahui Hal Penting Sebelum Usaha Waralaba Minuman Kekinian

Peluang usaha akan muncul apabila anda mau membuka mata yang lebih lebar. Bagi anda yang ingin membuka sebuah usaha dan tidak ingin menjadi buruh usaha franchise bisa menjadi pilihan. Belakangan ini banyak tren minuman kekinian yang berhasil mencuri perhatian. Menjadi bahan perbincangan dan banyak diburu oleh banyak kalangan lantaran berbagai alasan. Nah sebelum membuka usaha waralaba minuman kekinian perhatikan hal berikut.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Franchise Minuman

Minuman yang kekinian tidak hanya memiliki pilihan yang beragam, namun juga memiliki tampilan yang instagramble. Minuman kekinian juga sangat pas dengan gaya hidup anak muda masa kini. Rasanya yang segar dengan banyak pilihan topping menjadi daya tarik tersendiri. Saking banyaknya pengemar membuat banyak usaha franchise minuman kekinian ini menjamur. Jika tertarik dengan bisnis satu ini simak beberapa hal berikut.

Kelebihan Usaha Franchise Minuman Kekinian

Kelebihan utama yang bisa anda dapatkan jika mengunakan usaha franchise adalah telah memiliki konsep bisnis. Konsep bisnis ini juga telah berjalan dan bahkan telah menunjukkan hasil dan terbukti. Tidak hanya itu anda juga tidak perlu mengenakan brand dari minuman yang akan anda jadikan bisnis. Karena merk atau brand telah dikenal oleh masyarakat luas. Anda hanya perlu melakukan strategi pemasaran yang mumpuni untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam bisnis waralaba minuman anda juga tidak perlu menyiapkan bahan baku dan juga peralatan karena telah disiapkan oleh perusahaan penyedia franchise. Dukungan penuh juga anda dapatkan jika terjun ke dalam dunia bisnis melalui franchise. Termasuk dukungan berupa training karyawan, manajemen keuangan dan juga pemasarannya. Bisa dikatakan jika dalam bisnis ini anda hanya perlu menyediakan modal yang cukup untuk membeli franchise.

pxhere.com

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha

Untuk mengindari kesalahan pemilihan bisnis atau brand, ada baiknya jika anda memperhatikan dan menyiapkan hal tersebut. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pastikan untuk tidak melakukan kesalahan membaca pasar. Memahami tren yang berkembang saat ini dengan baik penting untuk dilakukan. Apalagi tren umumnya hanya sementara dan akan hilang kemudian berganti menjadi tren yang baru.

Sehingga anda harus melakukan riset yang mendalam agar tidak melakukan kesalahan dalam membaca pasar. Saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan beragam informasi dan melakukan riset pasar. Hal yang kedua perlu untuk diperhatikan adalah memilih bisnis waralaba minuman secara cermat. Karena banyak usaha yang ditawarkan dengan modal yang sangat murah.

Bukan berarti franchise murah tidak menguntungkan, namun perlu untuk cermat dan teliti. Ada baiknya anda memperhatikan reputasi dengan melihat jumlah mitra yang bergabung. Pastikan untuk melihat jika mitra tersebut masih bergabung dan juga masih aktif. Karena jika anda tidak memperhatikan, akan membuat anda kesulitan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Bisa dikatakan jika usaha yang tidak berkembang juga tidak memiliki prospek yang menjanjikan.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah perusahaan franchise yang akan anda beli telah mendapat ijin resmi. Ijin resmi bisa berkaitan dengan BPOM, badan usaha, legal merk hingga MUI dan lain sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir usaha anda terpaksa tutup karena tidak memiliki ijin resmi dan tentu saja merugikan anda. Hal yang keempat yang harus anda perhatikan adalah mempelajari perjanjian yang ditawrakan oleh pihak waralaba minuman.

Anda harus memastikan jika perjanjian yang ditawarkan memberi keuntungan untuk kedua belah pihak. Terutama pada poin dukungan manajemen dan besaran fee yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Jika ada hal yang kurang yakin anda bisa menanyakannya langsung hingga anda paham dan jelas. Sebab bisa saja kesepakatan tersebut tidak membuat anda untung justru akan membuat anda buntung lantaran beberapa hal yang tidak bagus.

Yang terakhir adalah memilih lokasi usaha yang tepat dan juga strategis. Minuman kekinian umumnya digemari oleh anak muda. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau pusat keramaian yang lain. Mendesain bangunan atau boat yang instagramable juga akan memancing banyaknya orang untuk datang. Pusat perbelanjaan atau taman bermain juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat anda memulai bisnis franchise minuman.

pxhere.com

Tingkatkan Penjualan Dengan Strategi Pemasaran Jitu

Beberapa bisnis waralaba minuman memang telah memiliki desain yang unik dan menarik. Namun anda tetap harus memiliki strategi pemasaran yang jitu untuk memenangkan persaingan pasar. Anda bisa mengikutsertakan bisnis anda pada event atau bazar di sekolah atau kegiatan yang banyak didatangi kaum muda. Hal ini akan membuat penjualan anda meningkat lantaran semakin banyak orang yang datang dan banyak diantaranya yang menjadi target pasar anda.

Selain itu ada baiknya jika anda membuat akun sosial media untuk bisnis minuman kekinian yang anda mulai. Melalui media sosial anda bisa mengenalkan produk dan juga bisa aktif menyapa pelanggan. Memposting foto produk yang kekinian akan membuat konsumen semakin penasaran untuk mencoba. Anda juga bisa menyertakan caption yang menarik dengan hastag yang memudahkan pencarian dan banyak dipakai kaum millenial.

Jika perlu anda juga bisa menggandeng selebgram di kota anda. Cara ini cukup ampuh apalagi jika selebgram tersebut memiliki banyak followers dan pengemar. Pastinya juga akan mengundang rasa penasaran semakin tinggi. Setelah melakukan strategi ini, anda juga harus mendukungnya dengan membuka booth pada tempat yang ramai pengunjung. Anda bisa membuka waralaba minuman anda di kantin kampus atau sekolah hingga di pusat perbelanjaan.

Lokasi yang strategis tidak hanya lokasi yang ramai pengunjung namun juga memiliki akses yang mudah. Anda juga bisa memberikan beberapa penawaran menarik seperti promo atau kuis agar banyak yang melirik usaha minuman kekinian anda. Karena kalangan muda identik dengan menyukai give away atau diskon yang membutuhkan perjuangan terlebih dahulu. Misal harus memposting foto di instagram atau harus mengajak teman untuk ikut membeli.

Membuka bisnis kini memang tidak perlu pusing karena banyak bisnis baru yang bisa dicoba. Seperti halnya dengan bisnis minuman kekinian yang kini sedang hits. Meskipun demikian perencanaan yang matang juga dibutuhkan agar anda tidak terseret tren dan menghilang begitu saja. Untuk itu harus memperhatikan hal hal tersebut dengan seksama dan memahaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *