VARIETAS PADI UNGGULAN DI INDONESIA

Padi merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di Benua Asia, bahkan di beberapa negara padi yang diolah menjadi beras merupakan makanan pokok sehari-hari masyarakatnya. Pemenuhan kebutuhan gizi khususnya karbohidrat bagi masyarakat di Indonesia didapat paling banyak dari mengkomsumsi nasi, meskipun beberapa tanaman lain juga menawarkan kandungan karbohidrat seperti gandum dan kentang, nasi masih tetap menjadi pilihan utamanya.

Untuk itulah tanaman padi terus dibudidayakan serta selalu dilakukan berbagai inovasi untuk menambah kandungan gizi serta manfaatnya, jika dulunya hanya berfungsi pemenuhan kebutuhan pokok akan makanan kini bergeser menjadi tren makanan sehat. Hal itu ada pada beberapa varietas padi di bawah ini.

ARUMBA

Bagi sebagian orang yang getol akan kesehatan dari asupan makanan, Arumba dapat menjadi salah satu pilihannya. Arumba merupakan beras merah beraroma dengan tekstur yang pulen, padi Arumba relative lebih kuat terhadap serangan hama seperti wereng dan infeksi jamur sehingga kuantitas panen padi bisa lebih baik daripada padi dengan varietas biasa.

JALITENG

Padi Jaliteng merupakan salah satu jenis beras hitam dengan varietas unggulan, selain berasnya berwarna hitam dengan tekstur nasi yang pulen. Padi Jaliteng memiliki umur yang cukup pendek dengan tinggi tanaman rata-rata, varietas padi Jaliteng juga tahan terhadap berbagai jenis infeksi jamur yang merupakan musuh utama dan penyakit bawaan padi.

PAMELEN

Varietas lain bernama Pamelen, padi Pamelen merupakan padi berwarna merah dengan tekstur pulen dan tidak beraroma. Salah satu keunggulan padi Pamelen adalah kualitas hasil panen yang tinggi serta tahan terhadap jamur dan penyakit tungro.

PAMERA

Salah satu varietas unggulan lain adalah padi Pamera, padi ini memiliki keunggulan yaitu usianya yang singkat, dalam usia 113 hari dari tanam awal padi Pamera sudah dapat dipanen. Varietas ini juga tahan terhadap berbagai jenis infeksi jamur yang biasanya menghinggapi tanaman padi, sehingga panen yang dihasilkan dapat maksimal.

Berbagai jenis padi yang disebutkan di atas adalah jenis-jenis padi varietas unggulan, selain rata-rata umurnya yang singkat jenis varietas tersebut juga lebih banyak mengandung senyawa bioaktif yang tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *