Tips Memilih Bibit Melon Berkualitas

Salah satu jenis buah yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah buah melon. Rasanya yang sangat segar dan legit menjadikan buah melon ini tidak hanya nikmat disantap secara langsung. Akan tetapi juga sangat segar saat dibuat jus. Apabila Anda tertarik ingin menanam melon dari biji nya, maka Anda harus melakukan pemilihan bibit melon yang berkualitas.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk memilih bibit buah melon yang berkualitas bagus, yaitu:

  1. Pilih jenis hibrida

Sangat disarankan untuk melakukan pemilihan benih melon yang berkualitas bagus supaya untuk usaha budidaya melon yang dijalankan mampu memberikan hasil yang menguntungkan juga. Untuk bibit buah melon yang bagus yaitu dari jenis hibrida.

  1. Belum kadaluarsa

Ternyata untuk benih buah melon juga memiliki masa kadaluarsa yang perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin. Apabila Anda ingin berhasil dalam usaha budidaya buah melon, maka pastikan bahwa benih yang dipilih belum kadaluarsa.

  1. Memiliki tingkat kemurnian mencapai 95%

Anda harus memastikan bahwa untuk benih melon yang Anda pilih tersebut benar-benar memiliki kemurnian mencapai tingkat 90%. Hal ini memiliki tujuan supaya melon yang Anda tanam dari biji berkualitas mampu memberikan hasil yang berkualitas pula. Sebab itu Anda harus benar-benar jeli dalam menentukan tingkat kemurniaan pada bibit buah melon yang dipilih.

  1. Memiliki daya kecambah yang bagus

Bibit melon yang memiliki kecambah bagus bisa dilihat dari tingkat daya kecambah nya. Untuk kecambah yang bagus memiliki tingkat minimal 80%. Untuk menemukan hal ini maka Anda bisa menanyakannya kepada orang yang lebih ahli dalam proses pembudidayaan buah melon. Selain itu Anda juga bisa mencari informasi sebanyak mungkin perihal tata cara dalam menentukan bibit buah melon yang berkualitas tinggi.

  1. Benih yang sehat

Untuk benih melon akan dikatakan sehat apabila bibit tersebut terbebas dari yang namanya biji gulma, terbebas dari hama penyakit dan yang lainnya. Oleh karena itu Anda memang selalu disarankan supaya benar-benar teliti pada saat melakukan pembelian benih. Supaya benih yang Anda pilih tersebut benar-benar dalam kondisi yang sehat. Apabila benih tidak sehat tentu saja tidak akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

Perlu untuk diingat bahwa untuk buah melon ini sangat tepat apabila ditanam di dataran yang rendah, pada ketinggian maksimal hingga 200 sampai 900 m dpl. Sementara untuk pertumbuhan dari bibit tersebut akan membutuhkan suhu yaitu antara 25 hingga 35 derajat Celcius. Sementara pada suhu pertumbuhan tanaman secara optimal yaitu 25 sampai 30 derajat Celcius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *