Sisi Lebih Kunyit Bubuk Untuk Cita Rasa Masakan

Memiliki warna kuning yang khas, kunyit termasuk ke dalam golongan bumbu dapur yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga keluarga. Tak hanya bagus untuk kecantikan, ternyata terdapat sisi lebih dari kunyit bubuk untuk cita rasa masakan. Selengkapnya terkait hal yang berkaitan dengan kunyit bubuk dapat Anda simak dalam artikel berikut ini.

Mengenal Kegunaan dan Teknik Pengolahan Kunyit

Sebagai salah satu jenis tanaman jahe-jahean, kunyit memiliki beragam kegunaan baik dalam hal kuliner, kesehatan maupun hal lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa kegunaan dan teknik pengolahan kunyit bubuk yang tepat.

1. Kegunaan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis rempah berupa kunyit atau kunir. Bagi warga negara khususnya di kawasan Asia, kunyit sering digunakan sebagai bumbu dapur maupun sebagai salah satu jenis obat. Adapun jenis obat yang menggunakan bahan dasar kunyit diantaranya berupa obat sendi, obat sakit lambung, obat pencegah penggumpalan darah dan lain sebagainya.

2. Teknik Pengolahan

Untuk mendapatkan ekstrak dari kunyit, Anda dapat menggunakan beberapa teknik. Adapun cara pengolahan yang sering dilakukan adalah diparut dan diperas, digeprek, dan cara lainnya.

Manfaat Kunyit Bubuk Untuk Masakan

Terdapat beberapa manfaat lebih yang dapat Anda peroleh ketika mengonsumsi kunyit. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit bubuk jika dicampurkan dalam masakan.

1. Mengurangi Kram Akibat Menstruasi

Tahukah Anda jika rutin mengonsumsi air perasan atau sari kunyit bubuk dapat mengatasi kram perut ketika menstruasi? Ya, adanay kandungan aktif berupa curcumin dalam kunyit ternyata mampu mengatasi sakit yang timbul ketika menstruasi tiba. Tentu hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas diri Anda bukan.

2. Menambah Cita Rasa Masakan

Sebagai salah satu dari sekian jenis rempah-rempah, kunyit memiliki poin lebih dalam menciptakan cita rasa suatu masakan. Dengan kombinasi rempah lain seperti jahe dan jeruk nipis, kunyit dapat berfungsi untuk mengatasi bau amis dari daging maupun ikan. Selain itu, kunyit pun dapat memberikan aroma khas suatu masakan, terutama untuk jenis masakan kari maupun bumbu kuning.

3. Pewarna Alami

Ingin mendapatkan warna cerah alami? Anda dapat menggunakan kunyit bubuk sebagai salah satu jenisnya. Warna kuning yang dihasilkan dari ekstrak kunyit tentu sering Anda temui ketika mengonsumsi nasi kuning. Meski terlihat mencolok, namun Anda tidak usah khawatir akan hal tersebut karena warna yang dihasilkan termasuk dalam pewarna alami yang aman untuk dikonsumsi.

 

Itu dia beberapa sisi lebih kunyit bubuk yang dapat Anda gunakan untuk menambah cita rasa masakan. Terdapat manfaat lain dari kunyit yang dapat Anda simak pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *