Mengapa Kita Perlu Menerapkan Sikap Hidup Hemat Listrik?

Mengapa Kita Perlu Menerapkan Sikap Hidup Hemat Listrik? Nah jika Anda ingin tahu jawabannya silahkan simak penjelasan dari kami berikut ini.

Listrik merupakan kebutuhan primer manusia modern saat ini, berbagai alat penunjang kehidupan kita sehari-hari semuanya di operasikan dengan menggunakan listrik sebagai sumber daya utama untuk memenuhi sumber energinya.

Tanpa listrik maka banyak fasilitas maupun sarana penunjang kehidupan manusia modern akan lumpuh dan tidak dapat berfungsi dengan semestinya sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari kita.

Hampir semua sisi kehidupan manusia saat ini tak bisa lepas oleh yang namanya listrik, oleh karena itu wajar jika listrik memiliki peranan yang sangat penting dan krusial bagi kehidupan manusia dewasa ini sehingga sebaiknya kita lebih berhati-hati dan bijak serta berhemat dalam menggunakan listrik untuk kehidupan sehari-hari kita.

Karena jika kita tidak memulai untuk berhemat dalam menggunakan listrik dari sekarang maka di khawatirkan nanti akan berdampak pada kelangkaan listrik pada masa depan beberapa puluh tahun kemudian, terutama jika kehabisan bahan utama untuk membuat listrik tersebut yaitu batu bara.

pxhere.com

Dampak Buruk Boros Listrik dalam kehidupan sehari-hari

Seperti kita ketahui, listrik merupakan sumber daya energi yang di hasilkan melalui proses pembakaran batu bara yang kemudian di ubah menjadi energy listrik dengan alat-alat tertentu yang canggih dan modern.

Bahan pokok dari energy listrik tersebut adalah batu bara yang di ambil dari hasil tambang di bumi yang mana merupakan proses dari pembekuan fosil dari tumbuhan yang kemudian menjadi mineral dan mengendap di lapisan bumi yang terjadi pada jutaan tahun yang lalu bahkan sebelum ada manusia di bumi, tepatnya terjadi pada jaman ketika dinosaurus belum punah.

Batu bara sudah di eksplorasi sejak puluhan tahun lalu bahkan sejak Indonesia belum merdeka, hal itu menyebabkan stok batu bara yang kian hari kian menipis dalam perut bumi dan tidak menutup kemungkinan akan habis beberapa tahun yang akan datang.

Selain itu, dampak penggunaan listrik dengan menggunakan pembangkit batu bara juga memicu efek global warming dan perubahan iklim semakin meningkat.

Hal itu di karenakan Hasil pembakaran batu bara mengeluarkan asap yang penuh dengan kandungan yang tidak ramah lingkungan, sehingga menimbulkan polusi dan bahkan berdampak serius pada kesehatan warga di sekitar daerah pembangkit listrik batu bara seperti terkena penyakit pernafasan, kanker dan penyakit lainnya karena paparan polusi pembangkit listrik batu bara.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kita lebih bijak lagi dan berhemat dalam menggunakan listrik untuk kehidupan sehari-hari agar kita dapat membantu menyelamatkan bumi dari dampak efek global warming yang semakin mengkhawatirkan.

pxhere.com

Cara Menghemat penggunaan listrik

Karena banyaknya dampak negative berantai yang timbul dari penggunaan listrik yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebisa mungkin kita harus hemat dalam menggunakan listrik caranya antara lain adalah sebagi berikut:

  • Menggunakan lampu hemat energy yang di rancang khusus untuk menyerap listrik sekecil-kecilnya namun memberikan penerangan yang maksimal. Produk lampu hemat energy saat ini sudah banyak di produksi oleh produsen alat-alat listrik dan dapat anda dapatkan di toko-toko maupun warung terdekat di rumah anda.
  • Menggunakan penerang alami sinar matahari pada siang hari, usahakan rumah anda perbanyak jendela maupun sudut-sudut yang terbuka agar sinar matahari dapat masuk ke rumah anda sehingga tak perlu menyalakan lampu jika anda memerlukan penerangan di siang hari.
  • Membiasakan menggunakan listrik saat di perlukan saja, dan mematikannya saat sudah tidak di perlukan.
  • Mematikan alat-alat elektronik dan mencopot kabelnya dari colokan ketika sudah tidak di gunakan lagi.
  • Menggunakan alat-alat rumah tangga yang mempunyai fitur hemat energy.

Karena teknologi yang semakin maju dan berkembang maka menghemat listrik juga dapat anda lakukan dengan dukungan teknologi yang saat ini sudah ditemukan.

Selain beberapa cara di atas, ada salah satu cara menghemat listrik menggunakan teknologi terbaru yang cukup baik dan di rekomendasikan karena cara ini tidak memiliki tingkat kadar polusi serta ramah lingkungan dan banyak negara-negara di dunia yang sudah menerapkan cara ini untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di negaranya dan mulai meninggalkan listrik dengan sumber daya batu bara yang membahayakan kondisi bumi ini.

pxhere.com

Cara tersebut adalah dengan menggunakan Rooftop Solar Panel yang dapat anda pasang di atap rumah anda.

Dengan menggunakan cara ini maka anda dapat menghemat tagihan listrik anda karena Rooftop solar panel merupakan teknologi yang menjadikan energy panas matahari yang di ubah menjadi daya listrik dengan alat yang sudah di rancang dengan teknologi tertentu untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi daya listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga anda.

Dengan menggunakan cara ini maka di samping anda membantu mengurangi penggunaan listrik pembangkit batu bara, anda juga secara tidak langsung ikut menyelamatkan bumi ini dari efek dampak percepatan global warming dan perubahan iklim yang sudah mengkhawatirkan sampai detik ini dan memerlukan tindakan yang serius.

Itulah tadi jawaban dari pertanyaan Mengapa Kita Perlu Menerapkan Sikap Hidup Hemat Listrik? Semoga dengan adanya jawaban ini, Anda bisa lebih berhemat listrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *