Sekilas Tentang Pekan Kebudayaan Nasional di Indonesia

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan perwujudan dari peraturan perundang-undang yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tersebut berisi pembahasan tentang upaya pemerintah dalam rangka memajukan unsur kebudayaan yang kaya dan beragam di Indonesia. Pekan Kebudayaan Nasional berlangsung selama satu minggu dan semua warga Indonesia bisa datang dan menikmati sajian budaya secara gratis.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai pekan kebudayaan nasional atau pkn ini. Mulai dari informasi secara fundamental dan hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang mengunjungi pekan kebudayaan nasional tersebut. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang pekan kebudayaan nasional yang informasinya dikutip dari laman web Hidupsimpel.com.

Sekilas Tentang Pekan Kebudayaan Nasional

Tahun lalu, Pekan Kebudayaan Nasional atau pkn di buka pada tanggal tanggal 7 oktober 2019. Agenda Pekan Kebudayaan Nasional tersebut berlangsung selama satu minggu yaitu sampai tanggal 13 Oktober 2019. Acara yang di gelar di Istora Senayan, Jakarta ini bersifat untuk umum dan semua kalangan.

Tak hanya itu saja, Pekan Kebudayaan Nasional juga tidak memiliki harga tarif masuk alias gratis. Namun, bagi kamu yang ingin masuk dan berkeliling ke area Istora Senayan tersebut terlebih dulu kamu harus registrasi secara online melalui situs website resmi Pekan Kebudayaan Nasional yaitu pkn.kebudayaan.id.

Setelah kamu melakukan registrasi, nanti kamu akan mendapatkan tiket masuk ke area Pekan Kebudayaan Nasional tersebut. Agenda tahunan Pekan Kebudayaan Nasional ini sendiri di adakan untuk memfasilitasi ruang kesenian dan kebudayaan. Acara yang satu ini teramat sayang kamu lewatkan begitu saja.

Di Pekan Kebudayaan Nasional ini kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan dan menyajikan suguhan budaya yang menarik. Lalu, hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan di Pekan Kebudayaan Nasional? Berikut ini adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika datang ke acara Pekan Kebudayaan Nasional.

pxhere.com

1. Berburu Kuliner Nusantara

Hal paling umum yang di nantikan banyak orang ketika acara Pekan Kebudayaan Nasional adalah berburu kuliner nusantara. Sebab, pada acara Pekan Kebudayaan Nasional ini akan ada banyak penjual makanan-makanan tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia.

Disana kamu bisa menjumpai kerak telor yang merupakan makanan khas masyarakat Betawi. Kamu bisa juga menyantap makanan khas dari Solo yaitu Nasi Liwet. Ada pula kuliner tradisional dari Palembang yang melegenda yaitu Empek-empek. Dan ada juga makanan memek, yang merupakan makanan khas dari Simeulue Aceh.

Tak hanya kuliner tradisional, di Pekan Kebudayaan Nasional kamu bisa mencicipi makanan mix dari kuliner tradisional dengan kuliner modern. Sebut saja burger tempe. Mungkin kamu tak terbayangkan bagaimana rasanya burger tapi terbuat dari tempe. Yang pastinya rasa dari burger tempe tersebut unik dan lain dari yang lain.

2. Permainan Tradisional

Aktivitas berikutnya yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Pekan Kebudayaan Nasional adalah disana kamu bisa bermain permainan-permainan tradisional zaman dahulu yang sekarang sudah jarang kamu temukan di sekitar. Beberapa permainan tradisional tersebut antara lain adalah enggrang, congklak, hadang dan lain sebagainya.

Pastilah nama-nama permainan tradisional itu asing. Karena kamu tidak pernah memainkan dan bahkan baru tahu. Maka dari itu, Pekan Kebudayaan Nasional ini juga memainkan peran untuk mengenalkan kembali permainan-permainan tradisional yang mulai di lupakan. Area Pekan Kebudayaan Nasional yang di jadikan sebagai tempat untuk permainan tradisional adalah berada di halaman Parkir Timur Gelora Bung Karno Sebelah Selatan.

pxhere.com

3. Berkenalan dengan Budaya Tradisional

Tentu seperti namanya, Pekan Kebudayaan Nasional ini akan mengenalkan kamu dengan ragam budaya yang kaya dari seluruh penjuru nusantara. Ada berbagai macam kebudayaan yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya. Makanya, sangat menyangkan ketika kamu datang ke acara Pekan Kebudayaan Nasional namun tidak mencoba berkenalan dengan ragam budaya Nusantara.

Kita ambil contoh, di kawasan acara Pekan Kebudayaan Nasional ini terdapat pameran wasta dari seluruh Indonesia. Pada acara tersebut akan di pamerkan berbagai macam wasta dari seluruh pelosok Nusantara. Ada pula acara pameran yang bertajuk pameran imajinasi desa kemajuan kebudayaan. Dan masih ada banyak lagi sederet pameran yang lain.

Di Pekan Kebudayaan Nasional kamu juga dapat melihat bentuk wayang daun. Wayang daun ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengatasi masalah bahan pembuatan wayang yang mahal. Dari keterbatasan tersebut lahirlah wayang daun.

Wayang daun memadukan tiga unsur kesenian di dalamya. Tiga unsur kesenian tersebut antara lain adalah seni lukis, seni patung dan juga desain interior. Kamu akan takjub melihat sebuah daun bisa di sulap menjadi karya seni wayang yang kompleks dan membutuhkan tingkat kosentrasi tinggi ketika membuatnya.

4. Pijat Khas Cimande

Bagi kamu yang merasa pegal-pegal, bisa coba pijat cimande yang ada di Pekan Kebudayaan Nasional. Pijat ini adalah asli tradisional dari cimande. Dengan melakukan pijat cimande dapat menyembuhkan beberapa penyakit tulang semisal urat, pegal-pegal dan lain sebagainya.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Pekan Kebudayaan Nasional. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *