Mengulas Negara Terkecil di Dunia

Tahukah? Ternyata ada negara yang luasnya hanya sebatas luas satu kota atau wilayah. Di sini akan dibahas negara mana saja yang termasuk Negara terkecil di dunia. Simak ulasannya.

Negara Terkecil di Dunia

Vatikan

Berdasarkan luas daratannya, Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia dengan luas sebesar 0,44 kilometer persegi. Pendapatan negara sebagian besar diperoleh dari sumbangan sukarela gereja Katolik Roma dari seluruh dunia. Selebihnya, pemasukan negara terkecil ini berasal dari hasil penjualan cendera mata dan perangko, serta tiket masuk museum.

Monako

Monako luas wilayahnya hanya 2 kilometer persegi, belum termasuk wilayah lautnya. Wilayah Monako merupakan daerah pantai, berada di tenggara Perancis dan berdekatan dengan perbatasan Italia. Meskipun memiliki luas yang sangat kecil, dibandingkan negara-negara lainnya, tetapi Monako memiliki penataan kota yang teratur dan wilayah teluk-teluk kecil yang bersih dengan kapal-kapal bersandar.

San Marino

San Marino memiliki luas sebesar 61 kilometer persegi dan menjadi negara terkecil ketiga di Eropa, setelah Vatikan dan Monako. Dihuni oleh sekitar 30.000 jiwa penduduk, negara ini menjadi negara dengan angka pengangguran terendah di dunia. Meskipun termasuk dalam salah satu negara terkecil di dunia, namunĀ  San Marino memiliki sirkuit balap yang kerap dijadikan arena bertanding Moto GP, bernama Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *