Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Cilacap, Surganya Para Nelayan

Mendengar kata Kabupaten Cilacap, yang pertama kali terpikirkan tentu adalah sebuah tempat yang menjadi wilayah industri besar di Jawa Tengah. Ketika mengunjungi kawasan industri ini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan penginggalan sejarah yang memiliki banyak cerita. Ada banyak keunikan dan daya tarik yang dimiliki kabupaten wilayah industri ini. Yuk ketahui keunikannya berikut.

Menjadi Tempat yang Memiliki dua Kode Telepon Dalam Satu Wilayah

Cilacap adalah kabupaten dari Jawa Tengah, yang memakan luas 6.2% dari total wilayah Jawa Tengah. Bahkan karena memiliki wilayah yang begitu luas, kabupaten ini pun memiliki dua kode telepon yaitu 0292 dan 0280. Kabupaten dari Jawa Tengah ini pun memiliki dua letak dataran, yaitu dataran tinggi perbukitan di bagian utara dan dataran rendah di bagian selatan kabupaten.

Dahulu Cilacap merupakan bagian dari Kerajaan Galuh, sehingga sebagian dari penduduknya akan bertutur dalam bahasa Sunda terutama pada daerah yang berbatasan dengan Jawa Barat. Bagi warga yang berada dekat dengan pesisir pantai selatan, mayoritas warganya menggeluti profesi nelayan. Sektor perikanan laut di Cilacap menjadi satu dari tujuh industri terbesar.

Adanya Perayaan Sedekah Laut

Bagi warga cilacap yang mengadu nasib sebagai nelayan, tentu perairan laut adalah penunjang kehidupan mereka. Melihat banyak rezeki yang dihadirkan dalam perairan Kabupaten Cilacap, membuat warganya memiliki sebuah perayaan tanda syukur. Perayaan yang disebut sedekah laut ini merupakan tradisi tahunan, yang digelar oleh para nelayan secara turun temurun. Sedekah ini merupakan bentuk wujud syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki.

Keindahan Pariwisata Cilacap

Cilacap memiliki beberapa tempat wisata, yang cukup terkenal di telinga para traveller. Beberapa objek wisata tersebut seperti Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, hingga Nusakambangan. Seluruh destinasi tempat tersebut pasti memberikan panorama keindahan alam yang tiada duanya.

Contohnya saja seperti dalam Teluk Penyu, kawasan pantai yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Di tempat ini, kamu dapat menemukan beberapa penyu berkeliaran sepanjang bibir pantai. Perairan yang tergolong tenang, membuat pengunjung dapat menemukan banyak jenis ikan di Pantai Teluk Penyu.

Sebagian wilayah Kabupaten wilayah ini dikeliling oleh perairan, maka tak heran jika perairan adalah salah satu daya tarik Cilacap mulai dari perekonomian industrinya hingga daya tarik wisatanya. Berbagai pantai yang asri dan mempesona dapat kamu nikmati di wilayah ini, jika beruntung kamu pun dapat melihat perayaan sedekah laut sebagai sebuah perayaan budaya yang dilakukan warga Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *