Pekerjaan Bagi Lulusan Sarjana Ekonomi

Di Indonesia banyak sekali kampus ataupun universitas yang terdiri dari berbagai macam fakultas. Salah satu fakultas yang banyak digemari mahasiswa adalah fakultas ekonomi. Dengan adanya hal tersebut maka tidak heran banyak lulusan sarjana ekonomi setiap tahunnya.

Kebanyakan lulusan ekonomi berkeinginan untuk bekerja di perbankan, apalagi bekerja di bank Indonesia tentu akan menjadi kepuasaan serta kebanggan tersendiri.

Tidak jarang jika ada lowongan perbankan banyak lulusan ekonomi yang berlomba-lomba untuk mengirimkan surat lamaran kerja dengan harapan bisa diterima bekerja di perbankan.

Tapi untuk kalian yang mungkin tidak suka ataupun kurang berminat untuk bekerja di perbankan kalian tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya lulusan sarjana ekonomi bisa saja bekerja selain di perbankan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh lulusan sarjana ekonomi silahkan simak informasi dibawah ini.

Perpajakan

Perpajakan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan sektor bisnis dan juga usaha. Bagi kalian yang memilki gelar sarjana ekonomi kalian bisa mencoba berkarir di dunia perpajakan.

Bisa juga bekerja di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Bea Cukai dan masih banyak lagi pilihan lainnnya. Bagi kalian lulusan sarjana ekonomi tentu sudah tidak asing dengan pekerjaan perpajakan.

Karena sebelumnya di bangku kuliah kalian pasti sudah banyak mendapatkan ilmu mengenai perpajakan. Hanya saja kalian harus melakukan pembaharuan mengenai ilmu perpajakan yang sudah kalian peroleh pada saat kuliah.

pxhere.com

Penasehat Keuangan

Jika kalian masih bingung ingin berkarir dimana, tidak ada salahnya kalian berkarir sebagai penasehat keuangan.

Penasehat keuangan biasanya banyak dijumpai di perusahaan asuransi. Dimana pesaehat keuangan memiliki tugas yakni menjaring sebanyak mungkin calon pembeli ataupun pengguna asuransi.

Untuk menjaring banyak pembeli ataupun pengguna asuransi, seorang penasehat keuangan akan dibekali dengan pelatihan dan juga akan dibantu untuk mempelajari berbagai macam produk asuransi ataupun reksa dana yang ditawarkan oleh perusahaan.

Untuk kalian lulusan sarjana ekonomi tentu tidak akan kesulitan mempelajari hal tersebut. Pasalnya kalian sudah tidak asing dengan hal tersebut. Bahkan kalian dapat mengemas berbagai informasi dengan lebih sederhana sehingga lebih mudah dipahami konsumen serta bisa juga menambhkan info pendukung lainnya untuk menarik konsumen.

Selain menjadi penasehat keuangan pada sebuah perusahaan, kalian lulusan sarjana ekonomi juga bisa menjadi penasehat keuangan pribadi. Penasehat keuangan pribadi memiliki tugas untuk mengatasi masalah klien mengenai bagaimana cara mengalokasikan dana yang mereka miliki serta menangani beberapa masalah lainnya.

Dosen atau Guru

Pada dasarnya semua ilmu yang kalian miliki tidak akan ada yang sia-sia. Jika kalian menekuni ilmu tersbut dan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi, bisa saja menjadi profesi yang menjanjikan.

Salah satu profesi yang bisa kalian lakukan jika menekuni ilmu yang kalian dapatkan adalah menjadi don ataupun guru. Bagi kalian lulusan sarjana ekonomi, bisa saja kalian menjadi dosen ekonomi di sebuah kampus.

Asalkan kalian menekuni ilmu yang kalian miliki dan mau melanjutkannya ke jenjang pendidikan berikutnya. Karena jika kalian hanya mengandalkan ijazah sarjana S1 kalian saja, tentu kalian tidak mungkin bisa menjadi dosen.

Paling tidak kalian harus kuliah lagi untuk memperdalam ilmu yang sudah kalian pelajari sebelumnya. Sehingga kalian bisa memiliki bekal yang cukup untuk menjadi dosen.

Bagi kalian yang berminat menjadi pengajar, mungkin kalian bisa mengirmkan surat lamaran kerja kepada instansi yang sedang mencari pengajar. Dengan begitu bisa saja impian kalian menjadi pengajar akan segera terwujud.

pxhere.com

Analis Resiko

Jika kalian senang menganalisis suatu hal terutama mengenai masalah keuangan, kalian bisa mencoba profesi yang satu ini yaitu menjadi analis resiko atau risk analyst.

Seorang analis resiko memiliki tugas untuk mengumpulkan data keuangan perusahaan yang nantinya bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman ataupun mengajukan kerja sama.

Dimana sebelum data tersebut bisa digunakan untuk pinjaman ataupun mengajukan kerja sama, seorang analis resiko harus melakukan analisa ataupun menganalisis data keuangan perusahaan tersebut.

Sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan pengambilan keputusan. Supaya keputusan yang diambil tidak salah dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Investor Relation Associate

Mungkin banyak yang belum mengetahui pekerjaan yang satu ini. Investor Relation Associate merupakan pekerjaan yang memiliki tugas untuk melakukan komunikasi ataupun berkenalan lebih jauh dengan calon penanam modal ataupun saham ditempatnya bekerja.

Bagi kalian lulusan sarjana ekonomi yang memiliki komunikasi yang baik tentu tidak akan sulit untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. Kalian hanya perlu memberikan infromasi tentang perusahaan kalian kepada calon investor, tentunya dengan segala kelebihan, benefit ataupun hal lainnya yang menjelaskan mengenai kondisi finasial perusahaan tempat kalian bekerja.

Selain kalian mendapatkan bayaran yang tidak sedikit, dengan bekerja sebagai Investor Relation Associate kalian akan bertemu dan berkenalan dengan banyak kklien. Dengan kata lain kalian akan mendapatkan banyak relasi ataupun kenalan baru.

Dengan beberapa informasi informasi diatas kalian pasti menjadi lebih tahu mengenai berbagai macam profesi yang bisa dilakukan oleh lulusan sarjana ekonomi. Jadi kalian sudah tidak perlu bingung lagi untuk bekerja setelah lulus kuliah. Mulai sekarang kalian sudah tidak perlu bingung lagi, pasalnya lulusan sarjana ekonomi tidak melulu harus bekerja diperbankan karena banyak pilihan lainnya yang bisa kalian kerjakan Apakah dari beberapa informasi mengenai profesi yang bisa dilakuakan oleh lulusan sarjana ekonomi, ada profesi yang kalian minati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *