Kreasi Unik dari Pelepah Pisang yang Bernilai Tinggi

Pelepah pisang merupakan sebuah bagian dari tengah daun pisang yang ternyata memiliki banyak manfaat. Kita ketahui bersama kalau pohon pisang merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari buah, daun, batang, dan pelepah, semuanya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Terlebih pohon pisang ini sangat mudah kita temui di bumi Indonesia.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai berbagai kreasi yang dihasilkan dari memanfaatkan pelepah pohon pisang. Penasaran ? berikut ulasannya :

  1. Lukisan pelepah pisang

Secara umum lukisan ini biasanya berhubungan dengan cat air dan kanvas. Namun, sudah pernahkan anda mendengar lukisan terbuat dari bahan pelepah ? hal ini bisa terjadi oleh sentuhan tangan seseorang yang bernama Tauifiq Hasan. Pria asal Desa Wonokoyo Situbondo ini mampu menghasilkan sebuah karya lukisan yang terbuat dari pelepah daun pisang. Lukisan yang dihasilkan pun sangat artistik sehingga kebanjiran orderan dari Jawa dan Bali.

  1. Sajadah dari pelepah pisang

Pelepah daun pisang ini memiliki tekstur yang kaya serat dan kuat. Hal ini akhirnya dimanfaatkan oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta untuk menghasilkan kerajinan yang bagus dan bernilai. Mereka mampu memproduksi sajadah yang menggunakan bahan utama pelepah pohon pisang.  Proses produksi sajadah Sepasang ini berhasil mendapatkan dana dari Dikti pada tahun 2018 lalu.

  1. Sandal

Pelepah pohon pisang ini memiliki tekstur yang halus dan empuk sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan sandal yang unik dan nyaman. Keberadaan sandal ini bisa dijadikan komoditi pasar yang memiliki daya jual yang tinggi.

  1. Tas

Tas merupakan salah satu barang yang tidak pernah lupa untuk dibawa saat berpergian. Apakah tas yang terbuat dari pelepah ini menarik dan bagus ? kenyataannya sudah terdapat sebuah tas yang terbuat dari pelepah yang memiliki daya jual tinggi dan eksotis.

  1. Noe Craft

Noe Craft merupakan sebuah produk karya seni yang identik dengan bahan yang berkualitas tinggi. Namun berbeda cerita ketika proses penggunaan Noe Craft ini menggunakan pelepah pohon pisang. Pria asal Tanggerang bernama Inu mampu membuat Noe Craft dari bahan pelepah yang memiliki nilai daya jual tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai hasil kreasi yang memiliki daya jual tinggi dengan bahan dasar pelepah pisang. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membuat anda lebih kreatif lagi dalam menghasilkan produk yang bernilai tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *