Karpet Masjid Indah, Bersih dan Wangi

Karpet masjid merupakan salah satu perlengkapan yang biasa kita jumpai di tempat ibadah umat Islam baik masjid maupun mushola. Benda yang satu ini menjadi salah satu alternatif untuk umat islam agar nyaman dalam menjalankan ibadah.

Karpet ini biasanya dijual bukan dalam bentuk satuan akan tetapi gulungan atau meteran yang memanjang. Dengan begitu, adanya karpet yang menyerupai sajadah ini dapat membantu dalam menata shaf dalam shalat.

Barang yang satu ini biasanya memiliki corak atau motif dengan nuansa Islam yang kental. Motif-motif tersebut biasanya terlihat lebih sederhana, pasalnya hal tersebut akan lebih memberikan kekhusyuan dalam beribadah.

Tidak hanya itu, perlengkapan yang satu juga tersedia dalam bentuk meteran dan tidak memiliki motif. Baik yang bermotif atau tidak, memiliki fungsi yang sama.

Sangat penting menjaga kebersihan karpet, karena salah satu syarat ibadah adalah tempatnya yang bersih dan suci. Maka dari itu, keadaan karpet harus selalu di bersihkan dan diusahakan dalam satu bulan minimal satu kali pencucian.

unsplash.com

Jenis-jenis Karpet Masjid

Ada beberapa jenis karpet masjid yang harus kita ketahui. Setiap karpet tentu memiliki keunikan tersendiri baik dari bahan, motif, ketebalan bahkan ukuran. Terdapat dua jenis karpet berdasarkan produksinya yaitu:

Karpet Masjid Pesanan

Karpet pesanan merupakan karpet yang diproduksi berdasarkan pada keinginan konsumen. Dengan begitu, alas lantai ini dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan. Konsumen juga dapat memesan baik corak, motif atau warna yang diinginkan.

Jenis karpet ini membutuhkan waktu dan proses yang lama. Hal itu disebabkan karena produsen harus mendesain, memadukan warna dan menyesuaikan ukuran ruangan hingga pemasangan.

Karpet jenis ini biasanya terbuat dari bahan benang woll New Zaeland dan benang acrylic. Maka dari itu tidak heran jika nilai jual dari karpet ini terbilang mahal. Walaupun mahal banyak orang yang merasa puas dengan hasil yang ditampilkan.

unsplash.com

Karpet Masjid Massal

Karpet masal adalah karpet yang diproduksi dengan jumlah yang banyak dan motif yang sama. Karpet ini biasanya diproduksi oleh suatu perusahaan besar yang memproduksi karpet.

Konsumen tidak bisa memilih motif atau warna sesuai yang diinginkan, karena hanya tersedia motif yang sudah ready stok dengan ukuran tertentu.

Di sisi lain banyak kelebihan dari jenis karpet ini diantaranya yaitu, jika dibutuhkan dalam waktu yang singkat atau dekat sudah tersedia. Di samping itu, jual karpet masjid dengan lebar 1.05 meter atau 1.20 meter dengan panjang 6 sampai dengan 40 meter.

Bahan yang digunakan terbuat dari benang nylon atau polyprophiline, selain itu juga tersedia produk dalam negeri maupun luar negeri..

Di samping berdasarkan produksi, di Indonesia sendiri banyak toko jual karpet masjid yang berasal dari luar negeri seperti karpet Turki dan Karpet Madinah. Karpet turki menjadi salah satu karpet yang banyak dinanti oleh konsumen.

unsplash.com

Kelebihan karpet turki ini adalah lebih tebal dan lebih lembut jika dibandingkan dengan lainnya. Selain itu juga terdiri dari beberapa motif yang sederhana seperti motif yavuz, suleyman, sultan, century, super hilal dan soft yaren.

Karpet ini didatangkan langsung dari negara asal. Jadi tidak perlu khawatir jika ada tiruan yang mengaku karpet dari negara Istanbul itu.

Selain karpet Turki terdapat pula karpet Madinah atau Kingdom. Karpet ini biasanya disebut dengan Custom Handtufted. Alas lantai yang satu ini sejenis dengan karpet pesanan karena proses produksinya disesuaikan dengan pemesan.

Sesuai dengan namanya yaitu Kingdom, barang yang satu ini terbuat dari bahan premium dan dengan teknologi tinggi. Tidak hanya itu, desainer karpet ini juga berasal dari desainer ahli, sehingga membuat karpet ini bernilai jual yang tinggi.

Pemesan atau konsumen bebas memilih motif, corak, ukuran, ketebalan dan bahan dasar sendiri. Bahan yang ditawarkan biasanya terbuat dari benang wool dan acrylic premium agar terkesan berkelas dan elegan.

Walaupun dapat memilih, akan tetapi ketebalan karpet hanya sekitar 8 sampai dengan 12 mm. Jenis karpet ini biasanya dimiliki oleh seserang dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis karpet yang. Tentu saja karpet yang indah sangat disayangkan jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan khusus.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar karpet masjid selalu bersih dan wangi. Dengan begitu, akan semakin memberikan kenyamanan kepada pengguna atau orang yang beribadah khususnya di masjid atau mushola.

Cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebelum memasuki masjid siapkan keset agar ketika menginjak karpet tidak kotor. Selanjutnya usahakan selalu membersihkan noda pada karpet dengan cepat sebelum noda menjadi membandel.

Usahakan karpet sering untuk dijemur dan pada saat membersihkan gunakanlah vacum cleaner agar karpet masjid tetap bersih dan juga wangi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *