Suka Kucing? Yuk, Kenali Proses Daur Hidup Kucing!

Bagaimana sih, proses daur hidup kucing? Sebagai hewan yang telah menjadi peliharaan orang-orang dari zaman dahulu hingga sekarang. Kucing memiliki beberapa fase mulai dari dilahirkan hingga kematian. Secara sederhananya daur hidup kucing dimulai dari masa anak kucing menuju kucing remaja menjadi kucing dewasa kemudian kucing tua lalu mati. Ketika lahir, alat panca indra kucing belum berfungsi dengan sempurna, matanya buta dan telinganya tuli, tetapi indra penciumannya telah bekerja. Keduanya akan bekerja ketika kucing telah mencapai umur 2 minggu. Pada usia 3-8 minggu konsumsi asi dari induknya mulai berkurang dan anak kucing belajar untuk memakan makanan padat. Pada usia 9-16 minggu, anak kucing sudah dapat bersosialisasi dan terbentuk perilaku pemangsa.

Pada fase remaja, umumnya berlangsung selama 17 minggu hingga satu tahun. Meski masih terdapat beberapa tahapan yang ditunjukan sebagai dari fase sebelumnya. Pada fase ini, organ-organ reproduksi sudah mulai berfungsi dan telah muncul birahi kepada lawan jenis. Fase selanjutnya adalah fase dewasa, di mana kucing telah mencapai umur di atas satu tahun. pada fase ini pertumbuhan kucing telah berhenti karena metabolismenya telah berkurang. Kucing dewasa akan mengalami perkembangbiakan. Pada proses perkembangbiakan ini akan ada tiga fase yaitu fase pubertas, fase birahi dan fase perkawinan.

Fase pubertas ini adalah fase yang sama di mana setiap jenis hewan menemukan pasangannya. Dalam daur hidup kucing, fase remaja adalah klimaks dalam pubertas hidup. Selanjutnya fase birahi, fase di mana kucing akan menderita dua hingga tiga kali setahun. Tingkah kucing jantan untuk menarik perhatian kucing betina dengan menggosokkan tubuh mereka dengan keras. Kucing betina lebih agresif dan sensitif. Fase perkawinan, ini adalah fase kehamilan kucing. Sekitar 3-4 minggu setelah melahirkan biasanya kucing betina tidak didekati oleh kucing jantan. Masa kehamilan biasanya sekitar 63-67 hari. seekor kucing rata-rata melahirkan 3-4 anak kucing dalam satu kehamilan. Masa tua kucing biasanya ketika berumur 7 tahun. Rata-rata usia hewan memang tidak selama usia manusia. Masa tua ini ditandai dengan berkurangnya selera makan dan gairah hidup. Fase daur hidup kucing yang terakhir adalah mati, seperti yang terjadi pada semua makhluk hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *