Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi yang memiliki ibu kota Bandar Lampung. Provinsi yang berada di salah satu pulau Sumatra bagian paling selatan ini secara geografis berbatas langsung dengan Samudra Hindia di sebelah barat, Laut Jawa disebelah timur, selat sunda disebelah utara, dan Sumatra Utara disebelah utara. Selain ada Bandar Lampung yang menjadi kota di provinsi Lampung, ada juga Kota Metros yang menjadi salah satu kota terbesar di provinsi tersebut. Lampung dengan hari jadi yang ditetapkan ditanggal 18 Maret 1964 memiliki total luas area 35.587 km², yang mana terletak diantara 105®45’-103®48’ BT dan 3®45’-6®45’ LS. Dengan jumlah populasi penduduk 8.289.557 jiwa, kepadatan yang dimiliki oleh provinsi Lampung menjadikannya provinsi yang menempati peringkat ke-15 dari keseluruhan provinsi di Indonesia. Daerah Lampung sendiri lebuh di dominasi dengan banyaknya gunung dan sungai, bahkan juga terdapat pulau-pulau kecil disekitarnya.

Perekonomian Di Provinsi Lampung

Provinsi lampung yang berbatasan dengan lautan memiliki komoditas perikanan seperti halnya tambak udang yang sudah sangat terkenal. Berbeda lagi bagi masyarakat yang tidak berada di daerah pesisir akan lebih condong untuk bertanam, seperti padi, lada, kopi, cengkih, kayu manis, dan lain-lain. Selain hasil bumi Lampung juga memiliki pelabuhan yang menjadi pintu gerbang ke Sumatra dan menumbuhkan industri-industri di daerah tersebut.

Akses Transportasi

Banyak akses transportasi yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk bepergian di Provinsi Lampung. Seperti yang ada pada jalur darat dengan transportasi bus dan kereta api, jalur udara dengan Bandar Udara utamanya yakni Bandar Udara Internasional Radin Inten II, dan jalur laut dengan Pelabuhan Panjang. Salah satu hal yang juga menjadi sektor perekonomian masyarakat adalah pariwisata. Lampung juga memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh warga lokal sendiri atau luar daerah bahkan para wisatawan asing. Seperti halnya pesona pantai yang indah, sebuah taman nasional, danau, wisata budaya dengan beberapa kampong tua yang masih lestari, dan beberapa perayaan festival.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *