Jenis Daging Sapi dan Harganya

Makanan berbahan dasar daging sapi sudah tidak asing lagi di dunia kuliner, bahkan makanan dengan olahan daging sapi termasuk dalam hidangan mewah. Kualitas daging yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa masakan. Pada masakan lokal, daging yang digunakan cenderung hanya menggunakan daging lokal, sehingga harga daging tidak bervariasi. Harga sapi juga mempengaruhi harga daging. Berikut beberapa jenis daging dan harganya.

  1. Primary Cut

Primary cut adalah jenis daging sapi yang pertama. Jenis daging sapi ini bertekstur lembut dan hanya memiliki sedikit lemak, sehingga baik untuk kesehatan. Daging jenis ini biasa digunakan pada makanan-makanan mewah dan berkelas di restoran, seperti Steak atau Shabu-Shabu. Bagian daging yang merupakan primary cut, antara lain, has dalam (tenderloin), has luar (sirloin), iga pendek (short rib), pangkal tanjung, dan lamusir (cube roll). Harga daging sapi jenis ini dapat dikatakan paling maha dari semua jenis daging sapi yang ada. Primary Cut dibandrol dari mulai seharga Rp130.000,00 per kilogramnya hingga Rp170.000,00 per kilogramnya.

 

  1. Secondary Cut Type A-B

Kedua, terdapat jenis daging sapi bernama Secondary Cut Type A-B. Jenis daging ini memiliki kuaitas dari sedang hingga kualitas bagus. Jenis daging Secondary Cut Type A-B merupakan jenis daging yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia. Harga daging ini masih rata-rata, namun memiliki kualitas yang istimewa, hal inilah yang menjadikan jenis daging ini sangat digemari banyak orang. Dagingnya memiliki kualitas sebelas duabelas dengan primary cut, yaitu memiliki tekstur yang lembut dan halus. Untuk harganya daging jenis Secondary Cut Type A-B dibandrol sekitar Rp110.000,00 hingga Rp125.000,00 per kilogramnya. Akan tetapi harga daging dapat berubah sesuai harga pasar. Daging yang termasuk dalam kategori Secondary Cut Type A-B adalah sengkel (shank), gandik (silver side), sampil (chuck), tanjumg (rump), dan pendasar.

 

  1. Manufacturing Meat

Manufacturing Meat atau yang biasa disebut daging industri merupakan daging yang sudah diolah sedemikian rupa. Bagian dari manufacturing meat antara lain, tetelan 65-95 CL, daging dadu dan daging giling. Harga daging facturing meat berkisar antara Rp60.000, hingga Rp.80.000,00.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *