Seputar Jaringan Generasi Ketiga 3G

Jaringan internet melalui beberapa tahapan dalam perkembangannya hingga bisa dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh belahan dunia. Tidak serta merta menjadi jaringan 4G, dahulu kita mengenal adanya jaringan generasi ketiga 3G. Meski kini sudah tidak sepopular pada masanya karena tergantikan oleh jaringan yang lebih canggih, namun tak menjadikan jaringan ini hilang bergitu saja.

Rata-rata masyarakat masih menggunakan jaringan ini karena untuk generasi terbaru belum dapat menjangkau hingga ke seluruh daerah. Untuk menambah wawasan Anda seputar jaringan generasi ketiga 3G ini, Anda bisa membaca beberapa referensi di kuotabro. Selengkapnya Anda dapat menyimak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Jaringan Generasi Ketiga 3G?

pexels.com

Hanpdhone menjadi salah satu alat komunikasi yang harus dimiliki oleh masyarakat dewasa ini. Mengingat semua hal yang terjadi setiap harinya tak lepas dari benda pipih ini, untuk mendukung penggunaannya maka diperlukan adanya koneksi jaringan yang kuat. Sebelumnya Anda mungkin sudah mengetahui bahwa jenis jaringan yang sering dikenal adalah 2G, 3G, 4G dan bahkan saat ini sudah mencapai level 5G. Masing-masing jaringan tersebut mengalami revolusi dan evolusi untuk setiap tahapan perkembangannya.

Perlu Anda ketahui bahwa jaringan generasi ketiga 3G adalah suatu teknologi jaringan yang sesuai dengan standar ITU (International Telecomunication Union) yang menyediakan akses jaringan internet dengan kecepatan bandwith 384 kilobyte setiap detik pada saat user berjalan dan 2 Mbps pada saat seorang tersebut diam. Jaringan ini tentu mamou menjadi gebrakan baru bagi perusahaan penyedia perlatan elektronik, khususnya handphone untuk menyediakan produk yang mendukung jaringan tersebut.

Tak hanya itu saja, berbagai perusahaan penyedia jaringan internet provider pun mulai memperkenalkan produk yang kompatibel dengan jaringan generasi ketiga tersebut. Meski jaringan tersebut kian berevolusi dan berkembang, namun jaringan ini tetap menjadi standar tersendiri di kalangan masyarakat ketika akan membeli sebuah produk elektronik.

Layanan yang Mendukung Jaringan 3G

pexels.com

Setelah mengetahui apa itu jaringan generasi ketiga 3G serta perkembangan dari jaringan internet tersebut, Anda perlu untuk mengenal jenis layanan apa saja yang mendukung jaringan tersebut. Selengkapnya dapat Anda simak dalam uraian berikut ini.

1. Voice

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa sebelum jaringan 3G dikenal, Anda terlebih dahulu menggunakan jaringan 2G. Jaringan dengan standar kualitas yang mumpuni pada jamannya ini meski tergolong canggih namun nyatanya tidak mampu untuk mendukung konektivitas internet dengan baik dan stabil. Maka dari itu muncullah jaringan 3G yang mampu menutupi kekurangan dari jaringan sebelumnya.

Adapun layanan yang dapat Anda gunakan pada jaringan ini adalah voice. Pada jaringan sebelumnya Anda hanya bisa berkirim pesan teks saja menggunakan sejumlah pulsa yang harus ada pada provider yang dipilih. Namun melalui jaringan 3G Anda dapat menggunakan fitur lain berupa voice, yakni pesan yang berupa suara yang dikirim dengan bantuan internet.

2. Messaging

Ketika Anda menggunakan jaringan 2G Anda bisa berkirim pesan dengan sanak saudara di manapun, namun jenis pesan tersebut hanyalah pesan teks saja. Hal berbeda dapat Anda temui ketika menggunakan jaringan 3G dimana lebih terfokus pada konektivitas internet, memungkinkan Anda dapat menambahkan attachment teks pada email atau voice note pada aplikasi pihak ketiga.

3. High Multimedia

Jaringan 3G dapat mendukung kualitas media yang baik ketika digunakan untuk akses layanan internet high speed. Layanan ini tidak dapat Anda temukan pada jaringan generasi sebelumnya yakni 2G.

4. Interactive High Multimedia

Disamping ketiga layanan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis jaringan generasi ketiga ini pun dapat mendukung adanya interactive high multimedia. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan teleconference atau panggilan dengan kualitas suara dan multimedia yang epik.

Kelebihan dan Kelemahan Jaringan 3G

pexels.com

Untuk mengetahui keunggulan dari jaringan 3G, ada baiknya Anda membaca beberapa kelebihan dan kekurangan dari jarinagn 3G berikut ini.

1. Kelebihan

Terdapat beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui mengenai jaringan 3G ini, yakni:

  • memiliki kualitas suara dan keamanan yang bagus dan tinggi
  • kecepatan datanya cukup tinggi yakni 384 Kbps ketika user berjalan dan 2 Mbps ketika user diam
  • mampu mensuport berbagai jaringan operator dalam waktu yang sama
  • memungkinkan Anda untuk bisa melakukan roaming data
  • mendukung Anda untuk melakukan multiple cell layer
  • beberapa kelebihan lain yang menjadi nilai plus tersendiri untuk jenis jaringan ini

2. Kekurangan

Meskipun jaringan 3G memiliki sederet kelebihan dibandingkan dengan jaringan sebelumnya, namun tetap saja terdapat sisi kekurangan dari jaringan generasi ketiga ini. Adapun kekurangan yang dimaksud yakni berkaitan dengan belum adanya daya kontrol yang tersedia untuk memungkinkan akses layanan multimedia yang menggunakan jaringan kecepatan tinggi. Jadi, bisa dikatakan bahwa jaringan 3G ini kurang ideal dan kurang stabil, sehingga untuk mengakses suatu layanan tertentu belum dapat dilakukan dengan baik.

Itu dia penjelasan singkat mengenai jaringan generasi ketiga 3G. Anda dapat menambah informasi lainnya terkait jaringan 3G dengan mengunjungi kuotabro. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *