Cara Memilih Durian yang Mantul

Durian adalah buah yang nikmat untuk disantap terutama bagi penggemarnya. Sayangnya, buah durian yang dibeli belum tentu sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Kecuali jika Anda memilih untuk menikmati buah durian yang matang langsung dari pohonnya. Karena itulah Anda harus mengetahui cara memilih buah durian yang tepat agar tidak kecewa saat membeli.

Cara memilih buah durian yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Bentuknya bulat

Memilih buah durian yang berbentuk bulat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih buah durian yang tepat saat akan membeli durian. Ini karena buah durian dengan bentuk bulat memiliki isi yang lebih banyak. Tentunya, cara ini tidak berlaku jika Anda akan membeli durian petruk yang memang berbentuk lonjong.

  1. Bunyi

Bunyi juga menentukan kematangan dari dari buah durian. Buah durian yang sudah matang akan menimbulkan bunyi yang sedikit berat dan terendam. Sedangkan buah durian yang menimbulkan suara seperti rongga memberikan tanda bahwa buah durian tersebut tak lagi segar.

  1. Berat durian

Memilih buah durian yang berat tidak selalu tepat. Sebaliknya, buah durian yang ringan bisa menjadi pertanda bahwa durian tersebut matang dan memiliki banyak daging. Semakin berat buah durian kemungkinan karena ukuran bijinya yang besar dan bukan dagingnya. Jika dagingnya semakin besar, maka daging buahnya akan semakin tipis.

  1. Tangkai

Memilih durian yang tepat dapat dilakukan dengan cara melihat tangkainya. Tangkai buah durian yang pendek dan gemuk dapat menunjukkan bahwa daging buah durian banyak dan tebal. Sebaliknya, apabila tangkai buah durian tampak ramping dan panjang maka kemungkinan daging buahnya sedikit dan tidak terlalu tebal.

  1. Aroma

Buah durian yang memiliki aroma harum umumnya memiliki daging yang manis. Untuk mengetahui apakah buah durian mengeluarkan aroma yang harum atau tidak, Anda tidak perlu membelahnya tetapi cukup dengan mendekatkan buah durian tersebut ke hidung Anda. Durian berkualitas baik akan menebarkan aroma harum meskipun tidak dibuka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *