Ayam Goreng Selalu jadi Masakan Wajib di Meja Makan

Ayam goreng adalah salah satu sajian lauk yang sangat popular dan digemari oleh banyak orang. Pasalnya proses pembuatan sajian lauk yang satu ini memang mudah dan praktis. Sehingga sangat cocok untuk disajikan di meja makan untuk makan bersama keluarga. Rasanya yang lezat juga membuat sajian lauk yang satu ini selalu menjadi pilihan hampir semua ibu di Indonesia.

Semua orang sudah dipastikan akan menyukai olahan ayam goreng ini. Selain rasanya yang enak, ayam goreng juga sangat cocok untuk disajikan dalam semua suasana yang ada. Tekstur dagingnya yang juici bercampur dengan bagian luar yang kering ini memang sangat sulit untuk ditolak oleh setiap orang yang melihatnya.

Olahan ayam yang satu ini memang bukanlah hal yang asing lagi bagi keluarga di Indonesia. Pasalnya banyak ibu rumah tangga yang memilih membuat ayam goreng sebagai menu andalan mereka di rumah. Di Indonesia sendiri ada banyak cara menggoreng ayam dengan bumbu yang berbeda-beda. Berbagai resep ayam goreng menarik bisa diakses melalui sarahjanebedwell.com. terlebih lagi Indonesia merupakan Negara yang memiliki aneka macam rempah yang berlimpah. Sehingga ayam gorenya pun memiliki cita rasa yang berbeda.

Ada banyak cara mengolah ayam goreng mulai dari dihidangkan dengan rasa yang manis, gurih, bahkan peda. Semuanya bisa dilakukan sesuai dengan selera yang dimiliki. Meski mengolah daging ayam bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, tapi untuk membuat ayam terasa nikmat dan lezat tidak selalu bisa dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya membuat olahan ayam goreng yang bumbunya meresap dengan sempurna sulit untuk dilakukan. Para ibu rumah tangga harus melakukan berbagai hal untuk membuat bumbu meresap dengan sempurna dan juga merata.

pexels.com

Tips Agar Bumbu Ayam Menyerap dengan Baik

Untuk membuat bumbu menjadi lebih meresap, hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong ayam menjadi beberapa bagian. Hal ini dapat membantu bumbu menjadi lebih meresap dan menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu ayam harus dipotong kecil-kecil agar semua bagian ayam bisa menyerap bumbu dengan baik.

Ayam memiliki karakteristik daging yang cukup tebal, oleh sebab itu membuat bumbu sulit untuk meresap dengan sempurna ke dalam daging. Oleh sebab itu, sebelum menggoreng ayam pastikan untuk merendam ayam terlebih dahulu di dalam racikan bumbu agar bumbu bisa meresap dengan sempurna. Sebaiknya diamkan dan simpan ayam yang sudah direndam di dalam bumbu selama 30-60 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Ungkep ayam juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat bumbu meresap pada daging ayam. Namun hati-hatilah dalam mengungkep ayam, pasalnya mengungkep ayam dengan air yang terlalu banyak akan membuat daging ayam tidak akan renyah ketika digoreng. Selama melakukan proses ungkep ayam, pastikan dilakukan dengan api kecil selama 30-45 menit saja. Selain itu tutuplah panci selama melakukan ungkep ayam agar aroma lebih terkunci. Ungkep ayam ini banyak digunakan oleh para ibu di rumah untuk membuat bumbu pada ayam semakin meresap di daging ayam dan membuat rasa ayam goreng semakin nikmat.

pexels.com

Hal yang Harus Dihindari Saat Menggoreng Ayam

  1. Hindari menggoreng ayam yang masih beku

Ayam yang sudah dibumbui bisa disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama. Sehingga ayam bisa digoreng kapan saja. Namun hindarilah menggoreng ayam yang masih beku. Ayam beku yang baru saja dikeluarkan dari freezer tidak bisa langsung dimasukkan ke dalam minyak panas, melainkan harus dibiarkan di suhu ruangan selama beberapa jam hingga teksturnya tidak keras lagi.

Menggoreng ayam yang masih beku akan membuat ayam susah matang karena permukaannya akan kering duluan, sedangkan bagian dalamnya masih beku. Oleh sebab itu hindari menggoreng ayam yang masih beku agar ayam goreng bisa matang dengan merata. Banyak orang yang gagal membuat ayam goreng karena mereka langsung memasukkan ayam beku ke minyak panas.

  1. Hindari jumlah minyak yang sedikit

Menggoreng ayam harus memperhatikan jumlah minyak yang digunakan. Keberhasilan dalam melakukan penggorengan ayam ini juga ditentukan dari jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng. Jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng ayam harus dalam jumlah yang banyak.

Hal ini agar seluruh bagian ayam terendam sempurna di dalam minyak. Dengan demikian ayam akan matang secara merata. Minyak yang sedikit tidak akan membuat ayam matang secara merata. Sedangkan dalam menggoreng ayam, ayam haruslah matang secara merata dan sempurna agar bakteri mati.

  1. Jangan gunakan minyak bekas

Perhatikan minyak yang digunakan untuk menggoreng ayam. Hal tersebut dikanrenakan penggunaan minyak yang tepat merupakan salah satu hal yang menunjang hasil yang maksimal. Pastikan selalu menggoreng ayam dengan menggunakan minyak yang baru. Pasalnya minyak goreng baru akan membuat ayam yang digoreng terasa lebih renyah dan warnanya kuning keemasan yang sempurna.

Minyak goreng baru juga tidak akan membuat ayam goreng memiliki aroma masakan lain. Minyak bekas dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Untuk itu hindarilah penggunaan minyak bekas untuk menggoreng ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *