5 Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan

Tanaman teratai tumbuh di atas air, dan biasanya akan subuh di atas air yang tenang. Teratai memiliki dun yang lebar dan berada dipermukaan air, sedangkan batang dan akar berada di dalam air. Yang diketahui, teratai bermanfaat untuk memberi makanan pada ikan. Namun, ternyata bunga teratai memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Teratai

Obat herbal kini banyak diminati oleh banyak orang karena tidak adanya efek samping dibandingkan obat-obatan kimia. Salah satu yang bisa dimanfaatkan yaitu bunga teratai. Berikut manfaat teratai yaitu:

  1. Membentuk sel darah merah

Bgaian akar bunga teratai mengandung zat besi yang memiliki manfaat sebagai pembentuk sel darah merah. Sehingga dapat mengobati gangguan yang menyebabkan sel darah merah berkurang seperti mimisan, haid, dan lain sebagainya. Cukup meneteskan air rebusan akar teratai untuk mengobati mimisan dan mengkonsumsinya untuk mengatasi haid.

  1. Menghilangkan Stres

Konsumsi bunga teratai ternyata dapat membantu menghilangkan stress. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengambil beberapa bunga teratai, buah angcao, biji kelengkeng, kim cim, dan merebusnya dengan air. Minumlah air rebusan bahan-bahan tadi ketika mengalami stres.

  1. Mengobati Batuk Darah

Teratai memiliki kandungan asam nikotinat yang berfungsi untuk menghentikan muntah darah. Bagian yang di manfaatkan yaitu rimpang teratai yang di jus dengan tambahan air, lalu konsumsi jus ini 3-5 kali sehari.

  1. Mengembalikan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh banyak sebabnya, salah satunya karena diare. Penyakit ini akan menghilangkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menkonsumsi jus rimpang teratai dan jahe 3 kali sehari. Kandungan mineral dalam bahan tersebut akan membantu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  1. Mengatasi Insomnia

Ganguan ini memang banyak dialami dan sangat menggangu aktivitas tentunya, karena jam tidur yang berkurang dikarenakan paginya harus beraktivitas kembali. Untuk mengatasi insomnia bisa menggunakan biji bunga teratai karena mengandung fosfor dan vitamin yang baik. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan biji teratai.

Terkadang kita kurang memahami untuk memanfaatkan tanaman disekitar kita. Dengan adanya artikel ini Anda bisa memahami dan memanfaatkan tanaman bunga teratai sebagai obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *